Selasa, 13 Desember 2011

JATI


KLASIFIKASI

Kingdom          :  Plantae
Divisi               : Magnoliophyta
Kelas               : Magnoliopsida
Ordo                : Lamiales
Famili              : Lamiaceae
Genus              : Tectona
Spesies             : T. grandis

MORFOLOGI
·      Jati adalah pohon penghasil kayu yang bermutu tinggi. Pohon jati berbatang lurus dantingginya bisa mencapai 30 – 40 m.
·      Daun jati umumnya besar, bulat atau oval, berhadapan, dan tangkainya pendek.
·      Daun pada anakan pohon berukuran besar, sekitar 60-70 cm × 80-100 cm; sedangkan pada pohon tua menyusut menjadi sekitar 15 × 20 cm.
·      Daun muda berwarna kemerahan dan ranting muda berpenampang segi empat, dan berbonggol di buku – bukunya.
·      Jati memiliki bunga majemuk yang berukuran mencapai 40 x 40 cm atau lebih besar.Dalam dalam satu tangkai berisi ratusan kuntum bunga tersusun dalam buah berbentuk  bulat agak gepeng 0,5 – 2,5 cm, berambut kasar dengan inti tebal, berbiji 2 – 4, tetapiumumnya hanya satu yang tumbuh.

KEGUNAAN
· Akar berguna sebagai pewarna. Sekitar abad ke-17 warga sulawesi selatan menggunakan akar jati untuk mewarnai anyaman. Warna yang di hasilkan kuning dan kuning agak kecoklatan.
· Pohon jati berguna untuk kontruklsi berat seperti furniture. Hasil seduhan kayu jati yang pahit dapat di jadikan penawar rasda sakit.
· Ranting pohon jati berguna sebagai bahan bakar kualitas 1 yang menghasilkan panas sangat tinggi hingga dulu di gunakan sebagai bahan bakar lokomotif.
· Daun muda yang di seduh maupun di tumbuk berguna sebagai penawar rasa sakit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar